Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi
geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika
bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau
3D, karena 2D adalah model yang penting dalam komputer tipografi dan gambar
teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk computer aided design dan
manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam bidang teknik seperti
sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis pengolahan
gambar.
Geometris model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk,
posisi, orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga
terdapat tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti
menghubungkan beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut
tersebut harus pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.
* Tranformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model
geometris yang bisa di tampilkan pada suatu komputer:
- shape/bentuk
- posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface Properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- Volumetric Properties / ciri-ciri Volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran
cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang,jenis warna)
- Dan lain-lain...
* Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jalan-jalan segi banyak : suatu koleksi yang besar dari segi bersudut
banyak, dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
- CSG : membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada
bentuk yang primitif.
* ELEMEN - ELEMEN PEMBENTUK GRAFIK:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar