Image dan display merupakan hasil akhir dari proses pemodelan.
Hasil ini biasanya masih membutuhkan pewarnaan, pencahayaan, dan lain-lain yang
dimasukkan pada tahap texturing. Output images memiliki Resolusi tinggi
berkisar Full 1280/Screen berupa file dengan JPEG,TIFF, dan lain-lain. Dalam
tahap display, menampilkan sebuah bacth Render, yaitu pemodelan yang dibangun,
dilihat, dijalankan dengan tool animasi. Selanjutnya dianalisa apakah model
yang dibangun sudah sesuai tujuan. Output dari Display ini adalah berupa *.Avi,
dengan Resolusi maksimal Full 1280/Screen dan file *.JPEG.
Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Metode
pemodelan obyek disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan
polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan
segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon
menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon
sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan
permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya digunakan
sedikit polygon, maka object yang didapatkan akan terbagi menjadi
pecahan-pecahan polygon.
Sedangkan Modeling dengan Nurbs (Non-Uniform Rational Bezier
Spline) adalah metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Hal
ini dikarenakan kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja.
Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks)
metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks)
dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.
Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer.
Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
1. Pemodelan
geometris : menciptakan
model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2. Rendering : Memproduksi citra yang lebih solid dari
model yang telah dibentuk.
3. Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah
laku/behaviour objek bergantung waktu.
4. Graphics
Library/package (contoh : OpenGL)
adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
5. Application program
memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
6. Hasil dari interaksi
user menghasilkan/modifikasi citra.
7. Citra merupakan hasil
akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar