Kamis, 22 November 2012

New Media dan Manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari


Pengertian
New media adalah dua kata yang dirangkap menjadi satu terdiri dari kata new dan media. New yang berarti baru dan media yang berarti perantara. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi (perantara) dari sumber informasi kepada penerima informasi yakni kita-kita ini.

Di era globalisasi ini kita banyak menjumpai perkembangan-perkembangan media, mulai dari peralatan kedokteran, peralatan ramah lingkungan, sampai pada teknologi komputerisasi yang semakin pesat dengan hadirnya ponsel yang bertipe smartphone serta bersistem operasi android. Sungguh kemajuan yang begitu pesat ditinjau dari media yang dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Serba cepat, mudah, dan hemat.. Media juga mengantarkan taraf hidup manusia mejadi lebih mudah. Media juga tak bisa lepas dari peran teknologi yang maju saat ini, tanpa teknologi media takkan berarti apa-apa.

New media merupakan terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung kedalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Dimana media ini yang paling di dominasi oleh seluruh manusia dipenjuru dunia. Tanpa adanya teknologi internet kita mungkin sulit untuk berinteraksi dengan orang lain diluar wilayah jangkauan kita. Sehingga teknologi ini sperti ini membentuk perubahan baru dengan hadirnya dunia baru yang kita kenal dengan dunia maya dimana jarak tak menjadi hambatan dalam berinteraksi. Pada jaman dahulu kita hanya mengetahui pager sebagai alat komunikasi tercanggih pada era nya. Namun seiring berjalannya waktu dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, akhirnya manusia menciptakan media baru yaitu handphone, dimana dalam handphone ini kita tidak hanya bisa membaca pesan teks saja melainkan kita dapat berkomunikasi langsung dengan orang yang kita hubungi. Dan ini membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat perkembangan teknologi, semakin cepat dan banyak pula informasi yang kita bisa dapat dengan mudah.


Manfaat Media
Memudahkan seseorang untuk memperoleh suatu hal yang ia inginkan. Jadi media bisa dibilang untuk memerantarai orang mendapatkan suatu hal yg ia inginkan dengan mudah. Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi media untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru. Karena saat ini internet sudah bisa di akses dengan mudah serta tidak mahal bahkan bisa di akses melalui ponsel atau smartphone. Tetapi ditinjau dalam hal negatif, new media ini dapat disalahgunakan oleh sebagian pihak tidak bertanggungjawab, misalnya untuk menyebarkan hal-hal berbau porno, berorasi tentang SARA yang mengakibatkan terjadinya kesalahpahaman serta timbulnya kericuhan.

Berikut ini adalah contoh teknologi apa saja yang termasuk media baru yaitu :


·                     Internet
·                     Televisi Digital / Plasma TV
·                     Digital Cinema / 3D Cinema
·                     Superkomputer / Laptop
·                     DVD / CD / Blue Ray
·                     MP3 Player
·                     Ponsel / PDA Phone
·                     Video Game
·                     RSS Feed
·                     Streaming Video
·                     Dan lain-lain
Selain teknologi, new media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Ini disebabkan sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak. Contohnya internet, dari internet saja kita bisa mengambil banyak manfaat dari sana. Termasuk yang lagi tren saat ini yakni jejaring sosial semacam facebook dan twitter. 

Kesimpulannya :
New Media adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang suatu keadaan dimana segala bentuk teknologi hampir berbentuk digital dan Internet hampir memegang peranan penting didalamnya, dengan adanya new media semuanya akan terasa lebih singkat dan dapat mengambil seluruh aspek wawasan dalam dunia teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar